SMAN 2 Bengkulu Utara Ikut Andil Mengikuti Kegiatan Survei Lingkungan Belajar dan ANBK Tahun 2022

Apa itu survei lingkungan belajar?

Survei lingkungan belajar merupakan alat ukur yang digunakan untuk mengevaluasi aspek pendukung kualitas pembelajaran di satu lingkungan sekolah. Survei ini diisi secara online pada link tautan surveilingkunganbelajar.kemendikbud.go.id. Survei ini dilakukan oleh Kemdikbud guna meningkatkan mutu sekolah-sekolah.

Survei lingkungan belajar ini juga merupakan Assesmen Nasional. Berdasarkan hasil informasi yang diperoleh dari beberapa sumber bahwa, survei lingkungan belajar ini  membahas tentang faktor- faktor input dan proses pembelajaran yang berpotensi mempengaruhi hasil belajar murid. Adapun tujuannya adalah untuk mengidentifikasi masalah dan melakukan perbaikan di lingkungan sekolah, mengevaluasi dan memetakan aspek pendukung kualitas dan pembelajaran di satu lingkungan sekolah tersebut. Survei Lingkungan belajar ini wajib diisi oleh seluruh responden yang terdiri dari kepala satuan pendidikan, tenaga kependidikan dan tenaga pendidik yang berjumlah 56 orang yang terdaftar dalam sistem pendapatan Emis. Para responden yang sudah terdaftar dapat mengisi jawaban survei melalui komputer, laptop maupun androidnya masing-masing.

Kegiatan ini juga dilaksanakan berbarengan dengan kegiatan Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang dilakukan oleh murid setiap tingkatnya sebagai peserta yang telah dipilih secara acak atau sebagai digenerate oleh sistem pendataan peserta ANBK. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Juli – Agustus 2022. ANBK ini berfungsi sebagai potret pembelajaran di sekolah dan dasar perbaikan pembelajaran di masa datang.

SMA Negeri 2 Bengkulu Utara merupakan salah satu sekolah favorit di Kabupatan Bengkulu Utara, juga turut andil dalam mengisi kegiatan pengisian survei lingkungan belajar ini. Pengisian survei dilaksanakan pada tanggal 6 Agustus 2022 di mulai dari pukul 11.00 WIB sampai dengan selesai. Dalam hal pelaksanaannya, SMAN 2 Bengkulu Utara menggunakan dua ruangan yaitu Laboratorium  Bahasa dan Laboratorium Komputer. Selain itu juga ikut andil dalam mensukseskan pelaksanaan Assesmen Nasional tahun 2022.

Dengan adanya  kegiatan SLB (survei lingkungan belajar) yang di laksanakan dapat menjadi motivasi bagi para guru dalam meningkatkan kinerja dan kualitas pendidikan di SMA Negeri 2 Bengkulu Utara sehingga dapat menghasilkan siswa siswi yang berprestasi, cakap dan cerdas dalam menghadapi berbagai tantangan untuk menyongsong masa depan yang lebih gemilang**